Cara Menyimpan Foto Maupun Video Melalui Penyimpanan Online

105

euforian.com – Kehilangan foto maupun video memang cukup mengesalkan. Apalagi file tersebut memiliki banyak kenangan bersama teman-teman maupun keluarga. Ada beberapa sebab yang membuat foto maupun video hilang, mulai dari memori rusak atau bahkan lupa mengingat lokasi penyimpanannya. Di zaman yang serba teknologi ini, kalian sebenarnya tak perlu khawatir lagi dengan masalah ini. Saat ini ada banyak penyimpanan file online yang bisa digunakan untuk menyimpan foto, video ataupun file-file lainnya.

Tutorial Menyimpan File Secara Online Di Beberapa Layanan

Menggunakan Google Drive

Google Drive merupakan salah satu layanan andalan dari Google dalam hal penyimpaan online. Dengan menggunakan layanan ini, kalian bisa menyimpan, mendownload ulang, dan juga membagikannya ke orang lain. Google memberikan layanan ini secara gratis kepada setiap pengguna yang memiliki akun Google. Untuk menggunakan layanan ini, silahkan ikuti petunjuk di bawah ini.

Pertama, login ke Google Drive menggunakan akun Google masing-masing. Jadi pastikan kalian sudah membuat sebelumnya.

Setelah berhasil masuk, klik tombol Create lalu pilik Folder untuk membuat folder. Dengan membuat folder nantinya file maupun video dapat dipisah-pisah sesuai dengan kategorinya. Lalu beri nama folder tersebut dengan nama kategori atau apapun terserah kalian.

Kemudian klik Upload untuk kemudian memilih file yang akan di simpan. Dan tunggu hingga proses benar-benar selesai.

Jika sudah selesai, kalian bisa langsung membagikan kepada orang lain ataupun tetap menyimpannya saja.

Menggunakan Dropbox

Selain Google Drive, Dropbox juga memiliki layanan penyimpanan yang cukup berkualitas. Kalian bisa menyimpan file apapun dari smartphone. Jadi ketika kalian selesai memotret sesuatu, nantinya bisa langsung disimpan ke Dropbox. Download dan install terlebih dahulu aplikasi Dropbox melalui Playstore ataupun Appstore. Jangan lupa untuk mendaftar telebih dahulu dengan email masing-masing. Langkah menyimpan file menggunakan Dropbox :

Baca Juga  Cara Menemukan Dan Melamar Pekerjaan Secara Online Dari Rumah

Buka langsung aplikasi dropbox yang sudah di instal tadi dan login jika belum.

Nantinya di dalam aplikasi tersebut, kalian juga bisa membuat beberapa folder. Klik icon + dan klik Unggah File untuk memilih file yang akan disimpan.

Jika sudah, langsung saja klik Unggah dan tunggu hingga proses selesai. Koneksi internet sangat berpengaruh terhadap cepat atau lambarnya pengunggahan.

Menggunakan OneDrive

Microsoft juga memiliki layanan penyimpanan online yang bagus, namanya OneDrive. Konsepnya sama seperti layanan lain yakni bisa digunakan untuk menyimpan foto, video dan berbagai file lainnya. Untuk memakai layanan ini, kalian diharuskan memiliki akun Microsoft. Jika sudah punya, bisa langsung menyimpan file secara gratis.

Langkah pertama, silahkan buka Onedrive.live.com kemudian masuk menggunakan akun Microsoft kalian.

Setelah berhasil masuk, kalian bisa langsung mengungah file dengan mengklik tombol Upload di bagian atas.

Pilih file yang akan diunggah bisa berupa foto, video atau folder sekalipun. Tunggu hingga proses upload selesai. Setelah berhasil mengunggah, kalian bisa bebas membagikan ke orang lain.

Menggunakan Mediafire

Meski bukan layanan dari perusahaan ternama, Mediafile bisa menjadi solusi penyimpanan online gratis saat ini. Mereka memberikan ruang penyimpanan mencapai 10 GB, jadi bisa dibayangkan berapa banyak file yang bisa disimpan. Sebelum menggunakan layanan ini, kalian harus mendafar terlebih dahulu di website resminya. Jika sudah, bisa langsung menuju proses pengunggahan file.

Buka website resminya kemudian login menggunakan akun yang telah dibuat.

Setelah berhasil masuk, klik tombol icon new folder yang berada di atas. Beri nama folder sesuai dengan kategori file yang akan diunggah.

Langkah berikutnya, klik nama folder tadi dan klik tombol Upload. Pilih Upload From Computer, lalu klik Add File. Setelah itu, cari dan pilih file yang akan diunggah dan tunggu hingga proses selesai.

Baca Juga  Tutorial Membeli Tiket Bioskop Dari Smartphone

Menggunakan Cloud Mega

Selain layanan di atas, kalian juga bisa menggunakan Mega Cloud untuk menyimpan file. Mereka memberikan ruang penyimpanan yang cukup besar mencapai 50 GB secara gratis untuk para penggunanya. Daftar terlebih dahulu seperti halnya kalian medaftar di layanan lain melalui website resminya mega.nz.

Jika sudah mendaftar, login menggunakan akun kalian. Klik tombol New Folder dan beri nama sesuai keinginan, lalu klik Create.

Setelah itu, buka folder dengan klik dua kali pada nama folder. Lalu klik File Upload dan pilih file yang akan disimpan. Tunggu hingga proses unggah selesai dan kalian bebas membagikannya atau menghapus suatu saat.

Demikian informasi mengenai cara menyimpan foto maupun video menggunakan penyimpanan online. Ada banyak keuntungan jika kalian memanfaatkan layanan ini diantaranya, soal keamanan. Kalian tak perlu ragu file yang telah disimpan akan hilang selama akun masih diingat. Layanan ini juga diberikan secara gratis oleh siapapun meski kapasitas penyimpanannya di batasi. Jadi jika ingin memiliki penyimpanan lebih besar, kalian bisa mengupgrade akun dengan biaya tertentu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here