Cara Mengatasi Iklan Malware Yang Muncul Pada Smartphone Kalian

59

euforian.com – Munculnya iklan pada smartphone secara tiba-tiba membuat banyak orang panik. Pasalnya, terkadang ada iklan yang menampilkan gambar-gambar yang tidak pantas. Ini sangat dikhawatirkan jika anak-anak yang sedang memakai smartphone tidak sengaja mengklik iklan tersebut. Biasa saja mereka akan dialihkan ke website khusus orang dewasa.

Perlu diketahui bahwa iklan yang muncul pada smartphone disebabkan oleh virus atau malware. Ketika kalian sedang berselancar di internet, mungkin tidak sengaja menginstal aplikasi. Tanpa disadari, aplikasi tersebut sudah disisipi malware oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Sebagai pengguna, kalian tentu tidak nyaman dengan iklan-iklan ini karena menganggu aktivitas.

Akibat Membiarkan Malware Pada Smartphone

Penggunaan Internet Boros

Smartphone yang sudah terkena virus malware akan lebih banyak penggunaan internetnya. Sistem dari malware itu bisa saja mendownload aplikasi lain tanpa sepengetahuan kalian. Iklan-iklan yang berulangkali muncul juga menjadi penyebab penggunaan internet meningkat. Sangat disayangkan bukan jika kuota internet kalian cepat habis karena malware ini.

Smartphone Menjadi Lambat

Malware yang telah tertanam juga membuat kinerja smartphone semakin berat. Malware ini akan melakukan berbagai hal di latar belakang sistem smartphone. Hal ini berefek peforma smartphone menjadi sangat lambat. Untuk membuka aplikasi saja, diperlukan waktu sepersekian detik sampai terbuka. Jangan biarkan hal ini terjadi karena jelas akan menganggu aktivitas kalian.

Baterai Cepat Drop

Kinerja yang terus menerus dilakukan oleh malware membuat baterai smartphone lebih cepat habis. Smartphone akan terus bekerja walau kalian sama sekali tidak menggunakannya. Bagi pengguna smartphone aktif, hal ini jelas sangat menjengkelkan.

Keamanan Smartphone Terancam

Dengan adanya iklan malware pada smartphone dapat menyebabkan hal-hal yang tidak dinginkan terjadi. Hacker atau pihak yang tidak bertanggung jawab bisa saja mencuri data melalui virus malware yang tertanam pada smartphone kalian. Ini sangat berbahaya jika dai dalam smartphone terdapat data berupa kartu kredit, id card dan sebagainya.

Baca Juga  Cara Menyimpan Foto Maupun Video Melalui Penyimpanan Online

Lalu, Bagaimana Cara Menghilangkan Iklan Malware Di Smartphone ?

Hapus Aplikasi Mencurigakan

Jika smartphone kalian menampilkan iklan-iklan yang aneh, segera periksa aplikasi-aplikasi yang terinstal. Perhatikan satu persatu dengan baik, jangan sampai ada aplikasi yang tidak jelas yang terinstal. Jikapun ada, kalian bisa menghapus aplikasi tersebut. Jika tidak bisa dihapus, lakukan segera pengaturan hak administrasinya. Cabut izin hak administrasi pada aplikasi tersebut. Dengan cara ini membuat aplikasi tersebut tidak lagi memicu munculnya iklan tidak jelas.

Gunakan Antivirus

Sebagai pengguna smartphone, kalian disarankan untuk menginstal aplikasi antivirus yang handal. Aplikasi ini berguna untuk menghapus virus-virus berbahaya yang berada di dalam smartphone. 360 Security menjadi salah satu aplikasi yang sangat direkomendasikan. Aplikasi ini mampu melakukan scanning terhadap virus ringan maupun berat. Selain bisa fitur antivirus, aplikasi ini juga menyediakan fitur lain yakni Boost dan juga Clean. Ini akan membuat smartphone kalian bisa bekerja lebih cepat dan ringan.

Aplikasi lain yang direkomendasikan adalah Clean Master. Dengan menggunakan Clean Master, smartphone kalian akan dilindungi dan dibersihkan dari virus-virus berbahaya. Clean Master juga berguna untuk mempercepat kinerja dari smartphone. Setelah menggunakan aplikasi ini, smartphone kalian dijamin akan lebih nyaman saat digunakan.

Reset Ulang Smartphone

Jika cara di atas masih belum mempan untuk menghilangkan iklan dari virus malware, kalian perlu melakukan reset ulang smartphone. Dengan melakukan cara ini, smartphone kalian akan benar-benar bersih dari virus. Tapi, aplikasi maupun data lain yang ada akan terhapus semuanya. Smartphone kalian akan seperti semua atau bisa dibilang baru lagi.  Ini bisa diatasi jika kalian melakukan backup sebelum mereset ulang. Jika tidak yakin bisa mereset ulang sendiri, lebih baik serahkan tugas ini kepada jasa service smartphoe jasa karena cukup beresiko. Tapi kalo mau mencoba sendiri, bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

Baca Juga  Cara Menemukan Dan Melamar Pekerjaan Secara Online Dari Rumah

Kalian harus memastikan bahwa baterai smartphone kalian minimal terisi 70 persen. Ini berguna agar pada saat proses reset ulang, smartphone tidak kehabisan daya.

Setelah itu, matikan smartphone sampai benar-benar mati. Lalu tekan bersamaan tombol Volume Up + Home + Power sembari ditahan.

Jika sudah muncul beberapa pilihan, gunakan tombol Volume Up berpindah pilihan. Silahkan pilih menu Factory Reset/Wipe Data kemudian tekan Home. Proses reset akan langsung dimulai dan kalian harus menunggu sampai selesai.

Saat sudah selesai, pilih menu Reboot System Now. Smartphone akan membuka tampilan baru tanpa adanya iklan aneh yang sebelumnya muncul.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan iklan malware yang muncul pada smartphone. Lakukan segera cara di atas jika kalian merasa ada yang aneh dengan perangkat kalian. Serahkan kepada jasa service jika kalian memang tidak yakin bisa mengatasi masalah ini sendiri. Karen ajika dipaksa, bisa saja hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here