Permainan Anak Kecil di Indonesia Yang Tidak Ditemukan di Negara Lain

452

euforian.com – Indonesia adalah Negara yang sangat kaya akan kebudayaannya, tradisi di Indonesia dari dulu hingga sekarang masih terus dilakukan. Salah satu hal yang sering dilakukan dari dulu hingga sekarang ialah permainan yang dilakukan pada jaman dahulu sampai sekarang pun masih terus dimainkan. Itu artinya anak muda jaman sekarang masih terus mengembangkan kebudayaan yang ada di Tanah Air Indonesia.

Berbicara soal permainan, Indonesia memiliki banyak sekali permainan yang dilakukan oleh anak-anak kecil. Mungkin kalian yang sudah menjadi orang tua masih teringat ketika kecil sering bermain. Meski begitu, tidak semua anak-anak jaman sekarang terus bermain permainan yang sering dilakukan pada jaman dahulu. Anak kecil jaman sekarang sudah berpindah haluan sebagai anak jaman now yang sudah menggunakan gadget dalam kesehariannya.

Orang tua juga lebih memilih untuk menenangkan anaknya dengan memberikan smartphone, hal itu akan membuat anak-anak anteng (diam) dan tidak mau keluar rumah. Dengan memberikan kebiasaan seperti itu kepada anak kecil akan berdampak negatif apabila tidak diberi pembelajaran yang baik. Bahkan mereka akan mudah terserang penyakit akibat bermain smartphone yang berlebihan sejak dini.

Di Indonesia ini ada banyak sekali jenis permainan yang mungkin di Negara lain tidak memilikinya. Permainan yang ada di Indonesia ini menjadi ciri khas tersendiri dimana Negara lain tidak pernah memainkannya. Orang-orang asing biasanya akan kepo dengan permainan anak kecil yang ada di Indonesia.

Permainan Khas Indonesia Yang Sudah Mulai Menghilang

Berikut ini adalah beberapa permainan khas di Indonesia yang tidak ada di Negara lain!

Gobak Sodor

Gobak Sodor menjadi salah satu permainan khas yang dimiliki Indonesia. Permainan yang sudah ada sejak jaman dahulu ini masih terus dimainkan hingga sekarang ini. Gobak Sodor merupakan permainan yang unik dan menarik, dimana ada dua tim yang saling berhadapan untuk bermain Gobak Sodor. Salah satu tim nantinya akan berusaha menerobos benteng lawan dengan cara menghindari para penjaga.

Baca Juga  7 Tradisi Suku Ambon Yang Tidak Ditemukan Di Daerah Lain

Permainan Gobak Sodor ini juga dapat melatih kecepatan dan kelincahan. Pergerakan yang ada di dalam permainan tersebut membuat kalian harus lincah dan cepat untuk menghindari orang-orang yang menjaga benteng tersebut. Permainan ini tentu sangat menyenangkan bila kalian mainkan bersama teman-teman.

Ular Naga Panjang

Salah satu permainan yang menjadi ciri khas Indonesia adalah Ular Naga Panjang. Pastinya semua orang tahu dengan permainan yang satu ini, Ular Naga Panjang merupakan salah satu permainan yang asik. Semakin banyak orang yang bermain, maka akan semakin menarik permainan ini. Ular Naga Panjang ini menggambarkan seekor naga yang memiliki ukuran sangat panjang.

Permainan ini biasanya dilakukan minimal 6 orang, terdapat dua orang yang berperan sebagai terowongan untuk dilalui para ular. Permainan ini akan terlihat seperti ular naga nyata bila ada banyak orang yang melakukan permainan Ular Naga Panjang. Meski begitu, permainan yang satu ini sudah jarang sekali terlihat di lingkungan sekitar kita.

Egrang

Negara lain mungkin tidak memiliki jenis permainan tradisional asal Indonesia yang satu ini. Egrang merupakan permainan tradisional yang dilakukan dengan menggunakan bambu sebagai bahan utamanya. Orang-orang yang memainkan Egrang ini nantinya akan berjalan menggunakan bambu yang sudah dibentuk menjadi sebuah Egrang.

Hal yang sering dilakukan bila memainkan Egrang adalah balapan. Siapa yang paling cepat untuk menggerakan Egrang tersebut ke jalur yang sudah ditentukan, maka itulah pemenangnya. Permainan Egrang ini membutuhkan keseimbangan yang sangat tinggi supaya tidak jatuh ketika berada di atas pijakan.

Engklek

Permainan tradisional sejak jaman nenek moyang sampai saat ini masih terus dilakukan oleh anak kecil. Permainan khas Indonesia yang satu ini memiliki bentuk gambar Engklak yang beragam. Namun yang terkenal adalah bentuk yang menyerupai manusia. Pemain nantinya akan berjalan dari arah kaki menuju ke kepala dan kembali lagi dengan cara berjalan dengan menggunakan satu kaki tanpa menginjak kotakan yang sudah menjadi milik lawan.

Baca Juga  7 Tradisi Budaya Yang Dipunyai Suku Sunda

Permainan ini bisa dimainkan oleh siapa saja, baik itu anak laki-laki ataupun perempuan. Dibalik permainan ini juga terdapat manfaat di dalamnya, keseimbangan kalian akan terus terjaga karena harus menggunakan satu kaki saja ketika berjalan melalui kotak-kotak yang sudah digambar.

Lompat Tali

Melihat jaman sekarang sepertinya permainan khas Indonesia ini semakin tak terlihat yang memainkannya. Lompat Tali menjadi salah satu permainan yang asik dan menarik bila kita memainkannya. Dalam permainan ini ada sebuah rintangan yang harus dilaluinya, dimana rintangan tersebut akan semakin sulit ke level berikutnya.

Permainan ini dilakukan dengan menggunakan karet, para pemain nantinya akan melewati rintangan yang sudah ditentukan. Ada beberapa level di dalamnya, semakin tinggi level yang dilaluinya maka rintangan yang harus kalian lakukan akan semakin sulit.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here