7 Tradisi Suku Bugis Yang Jadi Ciri Khas Tersendiri

512

euforian.com – Ada banyak sekali jenis suku yang ada di Indonesia, salah satu suku yang terkenal adalah suku Bugis. Jenis suku yang satu ini memiliki ciri khas tersendiri dibandingkan dengan suku lainnya, dimana suku Bugis ini dikenal sangat mempertahankan harga diri dan kebudayaan yang ada di dalamnya. Suku Bugis dikenal dengan kebenarannya, siapapun yang melakukan tindakan kejahatan baik itu keluarga sendiri maka akan segera dilakukan tindakan.

Suku Bugis terletak di Sulawesi Selatan, disini ada banyak sekali jenis suku yang memiliki ciri khas masing-masing. Akan tetapi, suku Bugis memiliki keunikan tersendiri dibandingkan dengan suku lainnya. Tak heran, bila suku Bugis ini menjadi sorotan sebagai suku yang dianggap memiliki kehormatan tertinggi.

Bebicara soal suku Bugis, ada beberapa tradisi yang sering dilakukan oleh masyarakat setempat. Hingga saat ini, tradisi tersebut masih terus dilakukan oleh orang-orang sekitar. Berikut ini adalah beberapa tradisi suku Bugis yang harus kalian tahu!

Tari Pakarena

Pada awalnya, tarian ini hanya dipertunjukan di istana kerajaan saja. Akan tetapi, seiring berjalan nya waktu membuat tarian ini semakin berkembang dan menjadi tradisi yang dilakukan oleh masyarakat setempat. Tradisi yang satu ini memiliki ciri khas dimana menggambarkan karakter seorang wanita yang sopan santun dan juga lemah lembut.

Tari Pakarena juga memiliki beberapa keunikan tersendiri, jumlah penari dalam Tari
Pakarena ini tidak ditentukan. Tarian ini diiringi oleh alat musik seperti kendang dan
juga suling. Tempo yang dimainkan menggunakan bit yang cepat dan juga semangat,
untuk awalan dan akhiran tarian ini sama-sama dilakukan dengan posisi duduk.

Angngaru

Angngaru merupakan salah satu tradisi terkenal yang ada pada suku Bugis, dimana tradisi ini masih terus dilakukan hingga saat ini. Tradisi Angngaru ini merupakan salah satu ikrar dari sebuah prajurit atau pasukan yang mengabdi kepada rajanya. Para prajurit disini harus mematuhi segala perintah dari sang raja karena sudah mengayomi rakyatnya dengan baik dan bijaksana.

Baca Juga  7 Tradisi Budaya Yang Dipunyai Suku Sunda

Apabila ada salah satu prajurit yang tidak mematuhi perintah yang diberikan oleh rajanya. Maka ia akan mendapatkan konsekuensi yang sangat buruk. Tradisi ini menjadi hal yang mencengangkan pada suku Bugis.

Tarian Maggiri

Salah satu tradisi yang terkenal di suku Bugis adalah Tarian Maggiri. Jenis tradisi yang satu ini menjadi hal yang sering dilakukan oleh masyarakat setempat guna ditujukan kepada orang-orang yang bisu. Menurut kepercayaan orang Bugis, tarian ini nantinya akan menghubungkan seorang dewa dengan manusia yang ada di bumi ini untuk mendapatkan hal yang diinginkan.

Tarian Maggiri biasanya dilakukan dengan dibarengi iringan musik khas masyarakat Bugis. Tradisi ini sudah ada sejak tahun 1326 dan hingga sekarang ini tradisi Tarian Maggiri masih terus dilakukan oleh masyarakat setempat. Pada waktu dulu tarian ini dilakukan di istana kerajaan.

Massalo Kawali

Jenis tradisi suku Bugis yang selanjutnya adalah Massalo Kawali. Tradisi yang satu ini merupakan salah satu tradisi khas yang dilakukan oleh masyarakat Bugis. Tradisi Massalo Kawali ini berada di Kabupaten Bone, dimana tradisi ini dilakukan dengan bermain gobak sodor  atau asing-asing yang dilakukan oleh masyarakat setempat.

Sebelum melakukan tradisi tersebut, ada sebuah ritual yang harus dilakukan oleh peserta agar tidak terjadi sesuatu disaat melakukan tradisi Massalo Kawali ini. Tradisi ini memiliki simbol sebagai penyemangat anak-anak muda Bugis dalam mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Tradisi Pindah Rumah

Salah satu tradisi suku Bugis yang paling unik adalah tradisi Pindah Rumah. Jenis tradisi yang satu ini dilakukan dengan memindahkan lokasi rumah tersebut ke tempat yang lainnya. Untuk memindahkannya pun dilakukan secara ramai-ramai, dimana semua orang akan saling membantu untuk memindahkan rumahnya.

Baca Juga  7 Tradisi Suku Bali Yang Tak Tergerus Perkembangan Zaman

Tradisi ini sering disebut sebagai Mappalette Bola, dimana orang-orang yang berpindah rumah ini dipercaya akan mendapatkan kesejahteraan yang baik. Tradisi ini sampai sekarang masih terus dilakukan oleh masyarakat setempat.

Sigajang Leleng Lipa

Tradisi suku Bugis yang selanjutnya adalah Sigajang Leleng Lipa. Tradisi yang satu ini merupakan salah satu tradisi yang paling terkenal. Tradisi ini diperuntutkan oleh laki-laki yang mengalami masalah dengan rekannya. Nantinya ada dua orang laki-laki yang bertarung di dalam satu sarung yang sama. Hal itu dilakukan guna menyelesaikan masalah yang datang kepada mereka.

Untuk melakukan tradisi ini, nyawa menjadi taruhan bagi pihak yang bertarung. Tradisi ini sangat berbahaya untuk dilakukan, beruntung saja tradisi ini dilakukan pada jaman dulu. Untuk saat ini, tradisi Sigajang Leleng Lipa ini sudah tidak diperbolehkan lagi oleh masyarakat Bugis.

Demikian beberapa informasi mengenai tradisi suku Bugis yang dapat saya sampaikan. Semoga bermanfaat, terima kasih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here