7 Tradisi Suku Bali Yang Tak Tergerus Perkembangan Zaman

83

euforian.com – Suku Bali merupakan salah satu suku yang memiliki ciri khas tersendiri bila dibandingkan dengan jenis suku yang lainnya. Bali memang terkenal akan tempat wisata dan kebudayaan yang ada di dalamnya. Akan tetapi, suku Bali ini juga memiliki banyak tradisi yang belum diketahui oleh banyak orang. Tradisi yang ada pada suku Bali ini masih terus berkembang dan terus dilestarikan hingga saat ini.

Tradisi yang ada di Bali ini merupakan peninggalan sejarah yang patut dilestarikan oleh masyarakat setempat supaya menjadi ciri khas dari Bali. Tradisi tersebut nantinya dapat dijadikan sebagai pertunjukan yang unik dan menarik. Sehingga, para wisatawan akan tahu dan dapat menikmati tradisi yang ada di Bali. Beberapa tradisi yang dilakukan dipercaya akan membawa dampak yang baik pada masyarakat setempat.

Ada banyak sekali tradisi yang ada pada suku Bali, berikut ini adalah beberapa tradisi suku Bali yang harus kamu tahu!

Ngaben

Ngaben merupakan salah satu tradisi yang sangat terkenal di Bali. Jenis tradisi yang satu ini dilakukan sebagai ritual yang diperuntutkan oleh orang yang sudah meninggal dunia. Tradisi ini menjadi kepercayaan suku Bali dimana arwah jenazah yang dibakar nantinya akan memudahkan mereka untuk mencapai Nirwana. Hal yang menjadi larangan dalam upacara ini adalah tidak boleh menangis bagi pihak yang ditinggalkan.

Tradisi Ngaben ini sudah menjadi tradisi yang kental pada suku Bali, hingga saat ini tradisi tersebut masih terus dilakukan. Melihat tradisi yang satu ini, ada banyak sekali wisatawan yang tersentuh melihat acara tradisi satu ini.

Upacara Ngurek

Tradisi suku Bali yang selanjutnya adalah upacara Ngurek. Jenis tradisi yang satu ini dilakukan dengan adegan yang sangat berbahaya, dimana orang yang melakukan tradisi ini harus ditusuk tubuhnya dengan menggunakan keris. Tradisi yang satu ini hanya dilakukan oleh orang profesional, jika kalian tidak bisa melakukannya sebaiknya jangan melakukan adegan dari tradisi ini ya guys!

Baca Juga  7 Tradisi Suku Bugis Yang Jadi Ciri Khas Tersendiri

Salah satu tujuan utama dari upacara Ngurek ini yaitu ditujukan kepada Tuhan Yang Maha Esa yang dapat memberikan pertolongan kepada setiap manusia. Tradisi yang satu ini sampai sekarang masih terus dilestarikan oleh masyarakat setempat. Kalian bisa datang ke Bali jika ingin melihat tradisi dari upacara Ngurek ini.

Upacara Melasti

Upacara yang satu ini dilakukan sebelum Hari Raya Nyepi, dimana semua orang akan bersembahyang di tepi pantai. Nantinya orang-orang akan memanjatkan do’a kepada Tuhan Yang Maha Esa untuk kebaikan masing-masing.

Tradisi ini dilakukan di tepi pantai diibaratkan semua dosa-dosa yang telah manusia perbuat akan dibuang ke laut. Sehingga manusia yang memiliki dosa akan suci kembali setelah melakukan tradisi yang satu ini.

Omed-Omedan

Omed-Omedan merupakan salah satu jenis tradisi suku Bali, dimana Omed-Omedan ini memiliki arti yang sama dengan tarik menarik. Tradisi ini dilakukan oleh beberapa peserta yang nantinya diangkat kemudian akan ditarik oleh orang-orang yang menjadi rebutan untuk dicium.

Tujuan dari tradisi yang satu ini adalah menjalin silaturahmi antara satu sama lain sebagai satu kesatuan dari sebuah keluarga. Selain itu, suku Bali ini memiliki kepercayaan bahwa tradisi ini dapat menolak mala petaka bagi yang melakukannya.

Upacara Tumpek Landep

Salah satu tradisi yang menjadi ciri khas suku Bali adalah Upacara Tumpek Landep. Jenis tradisi yang satu ini dilakukan oleh masyarakat dengan menggunakan senjata dan peralatan yang nantinya akan diberi do’a. Setelah diberi do’a, masyarakat setempat yakin dengan peralatan yang sudah diberi do’a tersebut dapat membawa keberkahan bagi mereka yang melakukannya.

Untuk melakukan tradisi ini tidak dilakukan di sembarang tempat, biasanya mereka melakukannya di beberapa tempat tertentu yang sakral dan suci. Tradisi ini sampai sekarang masih terus dilakukan oleh orang-orang hingga sekarang karena sudah menjadi kebudayaan masyarakat setempat.

Baca Juga  7 Tradisi Budaya Yang Dipunyai Suku Sunda

Upacara Mesuryak

Tradisi suku Bali yang selanjutnya adalah Upacara Mesuryak. Jenis tradisi yang satu ini dilakukan dengan menggunakan uang yang nantinya dilempar ke atas. Tradisi ini dilakukan pada hari Galungan tepatnya 10 haru setelah hari Galungan. Tradisi yang satu ini memiliki tujuan utama yaitu memberikan persembahan kepada para leluhur yang sudah meninggal dunia.

Upacara Mepandes

Tradisi suku Bali yang selanjutnya adalah Upacara Mepandes. Jenis tradisi yang satu ini dilakukan oleh masyarakat Bali guna menghilangkan hal-hal buruk pada manusia ketikan sudah memasuki usia dewasa. Tradisi ini dilakukan dengan cara meratakan 6 gigi taring manusia yang sudah tumbuh.

Dengan melakukan tradisi ini, ada harapan besar dimana pertumbuhan anak yang sudah memasuki dewasa akan memiliki watak yang baik dan dapat meninggalkan segala bentuk kejahatan. Upacara Mepandes ini sampai sekarang masih terus dilakukan oleh masyarakat setempat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here