7 Tradisi Suku Ambon Yang Tidak Ditemukan Di Daerah Lain

155

euforian.com – Suku Ambon merupakan salah satu suku yang berasal dari Maluku. Suku Ambon memiliki tradisi dengan ciri khas tersendiri yang tidak ada pada suku lainnya. Tradisi yang ada pada suku Ambon ini sudah ada sejak jaman nenek moyang, sampai sekarang ini, tradisi tersebut tidak pernah luntur dan masih terus dilstarikan oleh masyarakat setempat. Sehingga, tradisi yang ada di Ambon ini menjadi daya tarik orang-orang untuk melihatnya.

Bukan hanya suku Ambon saja yang berada di Maluku. Akan tetapi, suku Ambon menjadi salah satu suku yang paling terkenal di Maluku bahkan di seluruh Indonesia. Terkenalnya suku Ambon ini membuat masyarakat setempat semakin Ambon semakin terkenal. Sehingga, ada banyak orang yang ingin tahu seperti apa tradisi yang ada di suku Ambon ini.

Berikut ini adalah beberapa tradisi suku Ambon yang dapat kalian ketahui!

Bambu Gila

Salah satu tradisi yang paling terkenal dari suku Ambon adalah Bambu Gila. Tradisi yang satu ini sudah terkenal hingga ke seluruh wilayah Indonesia. Bambu Gila ini dinilai terdapat hal-hal mistis di dalamnya, tradisi ini juga hanya ditemukan di Desa Liang dan Desa Mamala. Salah satu benda yang dibutuhkan untuk menjalankan tradisi ini adalah bambu.

Terdapat beberapa bambu yang sudah dipotong, kemudian akan diberikan sebuah mantra dan juga kemenyan di dalamnya. Para peserta yang melakukan tradisi ini hanya untuk laki-laki saja dengan syarat jumlahnya ganjil. Peserta yang melakukan ini nantinya akan terombang ambing kesana kemari ketika ritual sudah dijalankan. Bagi yang tidak kuat melakukannya, mereka akan terpental dengan sendirinya.

Malam Badendang

Tradisi suku Ambon yang selanjutnya yaitu Malam Badendang. Tradisi yang satu ini memiliki arti yang sama seperti bergoyang. Tradisi ini berisikan sebuah tari-tarian yang ditujukan untuk membuat keluarga kita semakin harmonis dan selalu berkumpul bersama. Acara yang satu ini biasanya digelar setelah jam 12, dimana tidak seperti acara bergoyang pada umumnya yang dilakukan sekitar pukul 19.00.

Baca Juga  7 Tradisi Suku Bali Yang Tak Tergerus Perkembangan Zaman

Acara ini sama halnya seperti joged biasa, namun lagu yang ada di dalamnya bernuansa energik dan selow. Tradisi ini masih terus dijalankan oleh masyarakat setempat.

Makan Patita

Tradisi suku Ambon yang satu ini biasanya digelar pada hari-hari besar seperti HUT RI, HUT Kota, dan lain-lain. Sesuai dengan namanya, tradisi ini dilakukan untuk memakan makanan khas dari Maluku. Beberapa makanan yang disajikan seperti singkong rebus, patatas rebus, ikan asar dan lain-lain. Makanan tersebut disajikan dalam jumlah yang sangat banyak.

Selain itu, untuk tatakan dari makanan tersebut terbuat dari daun pisang yang di taruh di sepanjang jalan. Nantinya semua orang akan berkumpul dan makan bersama semua sajian yang sudah disediakan. Tujuan utama dari tradisi Makan Patita ini yaitu guna mengenal makanan khas dari daerah Maluku dan menjadikan kebersamaan antara satu sama lain supaya kompak.

Tradisi Pukul Sapu Lidi – Atraksi Pukul Sapu Lidi di Desa Morela, Kecamatan Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah, Maluku, Rabu (13/7). Kegiatan tahunan yang berlangsung setiap 7 Syawal itu untuk mengenang perjuangan pahlawan kapitan Telukabessy dalam mengobarkan perang melawan penjajah. Kompas/Fransiskus Pati Herin (FRN) 13-07-2016

Pukul Sapu

Pukul Sapu merupakan salah satu tradisi unik yang ada di kota Maluku. Tradisi ini dilakukan oleh 2 orang yang saling megang sapu dengan tidak memakai baju. Kedua orang tersebut nantinya akan bertarung saling memukul antara satu sama lain. Disaat saling pemukulan tersebut terjadi ada sebuah do’a yang dipanjatkan agar diberkati kehidupannya.

Tradisi ini hanya dilakukan oleh orang yang sudah profesional dan berani mempertaruhkan badannya karena akan mengalami kesakitan di bagian tubuh. Biasanya saling pukul memukul yang dilakukan hingga orang tersebut mengalami bengkak dan luka-luka. Tradisi tersebut hingga sampai saat ini masih terus dilakukan oleh orang-orang.

Pela Gandong

Pela Gandong merupakan salah satu tradisi yang menjadi ciri khas dari suku Ambon. Jenis tradisi yang satu ini masih terus dilestarikan hingga saat ini. Tujuan utama dari tradisi yang satu ini yaitu agar hubungan keluarga satu dengan yang lainnya harmonis. Tak heran, jika tradisi yang sangat baik di Ambon ini terus dilestarikan sampai sekarang.

Baca Juga  7 Tradisi Suku Jawa Yang Masih Lestari Hingga Saat Ini

Tradisi Cuci Negeri

Tradisi suku Ambon yang selanjutnya ialah Cuci Negeri. Tradisi ini dilakukan oleh masyarakat setempat dengan cara membersihkan semua tempat yang diyakini ada hal-hal mistis di dalamnya. Tradisi ini menjadi salah satu ciri khas tersendiri yang ada pada suku Ambon ini.

Masyarakat setempat nantinya akan membawa berbagai macam peralatan yang dapat digunakan untuk membersihkan lokasi yang diyakini ada hal-hal mistis di dalamnya.

Tradisi Timba Laor

Tradisi suku Ambon yang selanjutnya ialah Timba Laor. Tradisi yang satu ini dilakukan oleh masyarakat dimana mereka akan mencari hewan Laor di sekitar pantai yang nantinya akan dimakan secara mentahan atau digoreng. Tradisi ini dilakukan setiap setahun sekali atau sesuai dengan kemunculan hewan Laor tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here