7 Tradisi Budaya Yang Dipunyai Suku Sunda

1933

euforian.com – Berbicara soal suku Sunda, pastinya di dalamnya ada banyak sekali tradisi yang sering dilakukan. Suku Sunda sendiri memiliki tradisi dengan ciri khas tersendiri bila dibandingkan dengan suku lainnya. Sampai saat ini, tradisi yang ada pada suku Sunda pun masih terus dilestarikan. Mereka masih menghargai beberapa peninggalan budaya dan sejarah pada masa lalu yang ada pada suku Sunda.

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai beberapa tradisi yang ada pada suku Sunda. Pastinya ada banyak orang yang ingin tahu apa saja tradisi yang ada di dalam suku Sunda ini. Langsung saja, berikut ini adalah beberapa tradisi suku Sunda yang harus kamu tahu!

Kekerabatan

Salah satu tradisi suku Sunda yang masih terus dilakukan hingga saat ini adalah tradisi kekerabatan. Jenis tradisi yang satu ini terdapat sifat yang bilateral pada sistem keluarga yang ada pada suku Sunda. Seperti pada umumnya, Bapak bertindak sebagai keluarga yang menanggung segala beban yang ada pada keluarga anda. Salah satu hal yang unik di dalamnya adalah terdapat sistem Pancakaki.

Pancakaki merupakan salah satu sistem kekerabatan keluarga dimana hubungan antara keluarga satu dan keluarga lainnya harus harmonis tanpa adanya pertikaian tertentu. Sampai sekarang ini, tradisi kekerabatan masih terus dilakukan oleh masyarakat suku Sunda.

Gusaran

Gusaran merupakan salah satu tradisi suku Sunda dimana tradisi ini ditujukan kepada seorang anak wanita yang meratakan giginya dengan menggunakan alat bantuan khusus. Si wanita kemudian akan dilubangi pada bagian telinganya, nantinya wanita tersebut akan diminta untuk menggunakan anting-anting pada bagian daun telinga si wanita tersebut.

Bila disimpulkan, tujuan utama dari tradisi gusaran ini yaitu guna mempercantik sang anak. Kecantikan yang ditujukan bukan hanya tampilan luarnya saja, melainkan cantik juga pada dalam hatinya. Sampai sekarang ini, tradisi ini masih terus dilakukan oleh masyarakat setempat.

Baca Juga  7 Tradisi Suku Bugis Yang Jadi Ciri Khas Tersendiri

Seren Taun

Tradisi yang selanjutnya adalah upacara adat seren taun. Jenis tradisi yang satu ini merupakan kebiasaan yang dilakukan oleh masyarakat Sunda, dimana mereka akan mengangkat padi dari sawah ke lumbung dengan cara menari. Supaya lebih terlihat menarik, tradisi ini akan diiringi musik tradisional yang dapat membuat acara semakin meriah.

Upacara ini ditujukan sebagai rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas hasil panen yang didapatkan oleh masyarakat setempat. Sehingga, mereka melakukan tradisi seren taun. Upacara ini dilakukan setelah hasil panen dilakukan oleh masyarakat setempat.

Upacara Ngalaksa

Jenis tradisi suku Sunda yang selanjutnya ialah upacara Ngalaksa. Upacara yang satu ini dilakukan sebagai rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas apa yang telah dilakukan dalam memanen padi ini berhasil. Proses yang dilakukan dari upacara Ngalaksa ini yaitu masyarakat membawa padi yang diikat di bambu yang dipanggul ke dalam lumbung.

Acara ini biasanya dilakukan setiap setahun sekali, tepatnya setelah masyarakat setempat berhasil panen. Upacara Ngalaksa ini juga diiringi oleh musik tradisional yang dapat membuat banyak orang tertarik untuk melihatnya. Sehingga, anak-anak muda akan tahu dan bisa menjadi penerus bagi mereka untuk melakukan tradisi tersebut.

Bubur Asyura

Salah satu tradisi suku Sunda yang masih berkembang hingga saat ini adalah tradisi Bubur Asyura. Acara ini ditujukan untuk memperingati wafatnya cucu Baginda Nabi Muhammad SAW pada peristiwa Karbala. Acara ini sering dilakukan pada tanggal 10 Muharam, dimana dengan melakukan tradisi ini masyarakat setempat yakin akan kesejahteraan yang didapat oleh mereka nantinya.

Ekah

Tradisi Ekah merupakan salah satu adat istiadat yang terkenal di Sunda, dimana tradisi ini dilakukan setelah bayi berusia 7 hari atau 21 hari. Tradisi Ekah ini nantinya pihak keluarga wajib menyembelih kambing dimana untuk anak laki-laik 2 ekor dan anak perempuan 1 ekor kambing. Dengan melakukan tradisi ini, bayi yang lahir tersebut jiwanya akan suci sesuai dengan ajaran Rasulullah.

Baca Juga  7 Tradisi Suku Bali Yang Tak Tergerus Perkembangan Zaman

Acara tradisi yang satu ini bukan hanya ada di Sunda saja, hanya saja tradisi di Sunda ini memiliki nama tersendiri. Tujuan utama dari acara Ekah ini adalah sebagai rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas kelahiran sang bayi ke dunia. Acara ini akan terus ada sampai kedepannya nanti.

Ngarot

Salah satu tradisi yang ada di Sunda yaitu Ngarot. Tradisi yang satu ini sampai sekarang masih terus dilakukan. Dimana acara ini dilaksanakan ketika sudah memasuki musim penghujan dan musim tanam. Acara ini biasanya dilakukan di Balai Desa dengan arak-arakan. Namun yang menjadi tujuan utama dari acara ini adalah sebagai rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa untuk meminta do’a agar agar mendapatkan hasil panen yang memuaskan.

Itulah beberapa informasi mengenai beberapa tradisi suku Sunda yang dapat saya sampaikan. Semoga bermanfaat untuk teman-teman semuanya, terima kasih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here